Sunday, July 25, 2010

PERCY JACKSON VS HARRY POTTER


Sejak 8 April 2010 saya jadi Fans Berat Novel Percy Jackson. Selama seminggu itu saya berburu novel²nya ampe yang paling baru dan kalo udah dapet langsung dibaca paling lama sehari semalem xD
Novelnya loh ya! kalo movie nya yang rilis tanggal 12 Februari kemarin sih kurang oke. Banyak banget perombakan yang terjadi dari novel ke filmnya. Pantesan aja filmnya biasa aja -_____-'

Yak karena saya sekarang penggemar setia novel yunani kuno modern karangannya Rick Riordan, saya bakal banyak bikin postingan tentang Percy Jackson.


Buat yang nonton Percy Jackson kemarin pasti banyak yang bilang kalo film ini mirip ama Harry Potternya JK. Rowling. Apakah Rick Riordan ngebuat jiplakannya kisah para penyihir itu jadi kisah dewa-dewi Yunani kuno beserta anak²nya yang setengah dewa?

Mari kita ketahui persamaan dan perbedaannya! :D


===============================================================


SIMILARITIES

  • Percy Jackson dibawa ke perkemahan demigod saat berusia 12 tahun, sedangkan Harry Potter dikirim ke Hogwarts pertama kali pada usia 11 tahun.
  • Film perdananya sama² disutradarai oleh Chris Colombus.
  • Keduanya memiliki akses ke dunia 'lain' melalui bangunan ternama. Harry Potter melalui King's Cross platform 9 3/4 sedangkan Percy Jackson adalah Empire State Building.
  • Sama² memiliki rekan penakut. Ron Weasley yang berambut merah di Harry Potter, sedangkan Grover Underwood yang berkulit hitam merupakan karakter yang sama di dunia Percy Jackson.
  • Selain penakut, ada pula karakter wanita yang ngebos dan super pintar. Dalam Percy Jackson, putri Athena sekaligus love interest Percy; Annabeth Chase, merupakan karakter yang dimaksud, sedangkan dalam Harry Potter, Hermione Granger adalah 'tersangka utamanya'.
  • Dan terakhir, kedua karakter utama memiliki 'penyakit' yang diderita. Hiperaktif dan disleksia adalah penyakit yang diderita Percy, dan Harry sering mengalami sakit kepala luar biasa dan acap menanggapi segala sesuatunya terlalu serius.


===============================================================
DIFFERENCES
  • Naskah awal Percy Jackson & The Olympians : The Lightning Thief telah selesai ditulis pada 1994 atau 3 tahun sebelum buku pertama Harry Potter keluar di pasaran.
  • Dalam Percy Jackson, pelajar yang mengikuti Camp Half-Blood hanya tinggal sesaat disana, sedangkan dalam Harry Potter, para pelajar tinggal di Hogwarts sepanjang tahun, kecuali buku ketujuh tentu saja.
Hogwarts (kiri) & Camp Half-Blood (kanan)
  • Percy Jackson dituturkan secara ringan dengan banyak humor di berbagai tempat, bahkan saat suasana mencekam sekalipun. Sedangkan Harry Potter, semakin lama kisah yang ada semakin kelam.
  • Dalam novelnya, Percy Jackson & The Olympians series dituturkan dengan sudut pandang orang pertama tunggal; Percy, sedangkan Harry Potter dituturkan dengan sudut pandang orang ketiga.
  • Dan yang terakhir, mungkin yang paling besar adalah integrasi antara dunia nyata dan dunia gaib. Dalam Harry Potter, saat kisah yang ada telah masuk ke dalam dunia sihir, dunia muggle hampir tidak pernah disentuh sama sekali. Sedangkan dalam Percy Jackson, antara dunia dewa dengan dunia manusia lebih terintegrasi, dimana para dewa ikut pindah sesuai pusat peradaban saat itu, bahkan Percy dan teman²nya tidak jarang membuat kekacauan di tengah kota.

===============================================================


Semua perbedaan dan persamaan diatas berdasarkan perbandingan antara novelnya masing². Yang pasti kalau dari segi enjoy dan excited, saya lebih prefer ke Percy Jackson. Karena seperti yang udah saya sebutin diatas, Percy Jackson lebih ringan daripada Harry Potter yang makin lama makin kelam dan berat kisahnya padahal sebenarnya sasarannya ialah untuk anak².

Mungkin hal ini dikarenakan pada awalnya Rick Riordan memang membuat kisah Percy Jackson ini karena request dari anaknya yang saat itu masih kelas 2 SD. Ia telah menceritakan semua kisah Yunani kuno, dan anaknya meminta ia membuatkan cerita baru dengan memasukkan karakter dan mitos Yunani dengan unsur modern. Akhirnya ia membuat kisah fiksi petualangan Percy Jackson yang melanglangbuana ke berbagai tempat di Amerika Serikat demi mendapatkan kembali Petir Asali milik Zeus.

Naskah itu selesai tahun 1994 dan baru dibeli penerbit pada Juni 1997. Pada tahun 2004 hak cipta penerbitan Percy Jackson kembali berpinda tangan, kali ini kepada Miramax Books (kini Disney Hyperion) yang memberi Riordan 'kompensasi' yang membuatnya dapat berhenti dari pekerjaannya sebagai guru bidang Mitologi Yunani.

Buku pertama : The Lightning Thief terbit pada 28 Juli 2005. Buku ini terjual jutaan kopi dan berhasil bertahab dalam New York Times Best Seller selama 124 minggu di AS. Dan sekuelnya juga menuai sukses seiring dirilisnya setiap tahun, yaitu The Sea of Monsters (2006), The Titan's Curse (2007), The Battle of The Labyrinth (2008), dan buku terakhir The Last Olympian (2009).

4 Buku Percy Jackson & The Olympians Series langsung saya babat semua dalam 2 minggu. Tapi masing² buku paling lama saya baca sehari semalem, yang bikin lama itu hunting bukunya. Beberapa buku perlu perjuangan keras keliling bermacam toko buku ternama di berbagai tempat gara² sold out terus. Sayangnya pas antusias²nya, buku ke-5, yang terakhir; The Last Olympian, emang belom diterbitin di Indonesia. Sampai sekarang tiap ke toko buku selalu saya tanyain dan belom ada juga. ARGH!! CAN'T WAIT FOR IT!! >_<

saya banyak ambil sumber dari CINEMAGS - 127th Edition - February 2010 :D



13 comments:

  1. eumzzz,,,, banyak juga kemiripan dalam alur cerita film!!!
    tapi yang jadi permasalahan yang menjiplak itu JK rowling apa rick riordan!?.
    heheheh

    ReplyDelete
  2. kalo saya bilang sih kyny mereka kebetulan punya ide yang sama di alur ceritanya.

    toh soalnya naskah percy jackson selesai 3 tahun sebelum HP1 diterbitin :D

    blum baca Percy Jackson kan pastinya? ayo baca! rugi loh kalo g baca buat seorang penggemar novel fantasy. lebih oke dr HP soalnya kt saya :D

    ReplyDelete
  3. Nice review git.. :D
    hmm.. patut dicari :D

    ReplyDelete
  4. Makasih banyak buat reviewnya yang bagus banget,

    tapi gue cuma nggak setuju sama 1 hal :
    Sasaran ke 7 novel Harry Potter (HP) itu nggak cuma anak - anak aja mengingat butuh waktu 10 tahun untuk menyelesaikan semua novel HP.
    Umur gue 7 thn waktu HP 1 terbit, kalo HP itu dimaksudkan cuma bisa dinikmati anak anak, gue nggak akan bisa nikmati HP 7 dong soalnya gue sekarang uda 17 thn..

    So, gue rasa J.K. Rowling nulis novel Harry Potter untuk semua kalangan yang emang mampu nikmati novelnya =)

    ReplyDelete
  5. @k bima : oke deh kak. jgn lupa baca juga loh :D

    @Anonymous : okeh masalahnya mas ato mbak Anonymous ini udah pernah baca novelnya Percy Jackson blum?
    klo belum baca so pasti ga bakal bisa tau bedanya dan kenapa saya bilang Percy Jackson lebih unggul di novelnya drpd Harry Potter.
    *tp memang tetep tergantung selera jg sih*

    Karena saya dulu pas SD juga baca Novel HP yg pertama, saya juga setuju kalo novel itu sangat cocok juga buat dibaca sama anak-anak, karena bobot cerita disitu juga masih sepadan buat dibaca & dinikmati sama anak².

    Saya juga fans HP loh! novel HP saya jg lengkap semua dan smuanya udah saya baca lebih dari 1x.
    Cm saya lebih prefer sama novelnya Percy Jackson.

    Coba deh kmu baca dulu novel Percy Jacksonnya, dan pasti baru bakal bisa menilai nantinya perbedaan HP & PJ perkembangan ceritanya dari buku pertama sampai tamat.

    kalau menurut saya sih novel HP makin ke ending makin kelam dan banyak basa-basinya mskipun unsur adventure & actionnya masih sangat menarik, tapi dari segi itu makin lama makin susah dinikmati anak².
    Lain cerita dengan Percy Jackson yang makin lama makin menarik dari segi adventure, action & surprise nya ke pembaca. Dan pembaca anak² pun masih sangat dapat menikmati bukunya dari awal - akhir :D
    *just opinion, coba dibaca dulu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya sblmnya. tp sy pernah bca di suatu sumber klo JK Rowling itu bkin cerita HP gk ditujukan khusus buat anak". dri sumber itu JK Rowling bkin cerita HP buat dirinya sendiri dn gk prnh ditujukan khusus buat anak"

      Delete
  6. wah mantap nih review nya...

    saya udah baca novel nya kedua2nya, dan menurutku dua duanya punya kelebihan masing masing..
    HP dengan cerita kompleks yang saling bersambungan satu novel ke novel lainnya, Percy jackson dengan unsur cliff hanger nya yang membuat penasaran setengah mati..

    Tapi ya menurut saya tetap HP is the best, selain cerita nya yang complex dan tambah lama tambah kelam. Gaya penulisan JKR sangat bagus, dan punya ciri khas sendiri, dan karena tebal bisa kepikiran berminggu minggu :D

    ReplyDelete
  7. @jax
    haha iya sih ya semua balik lg tergantung selera masing2 kyny :p

    salah satu keunikan HP itu ceritanya yg kompleks dan lucunya JKR bisa bikin cerita sambil bayangin pemeran2nya yg udah ada di dunia nyata soalnya bukunya udah diadaptasi jd movie yg keren bgt pas bukunya masih di nomer 2 atau 3 *aduh lupa -.-*

    seiring bukunya dibuat, para pemerannya pun tumbuh seiring kehidupan mereka yg memang seumuran sm di bukunya :D
    *eh itu yg hebat yg ngecasting ya? :p*

    Tapi emang epic bgt sih HP series. Mau setebel2 apapun bukunya tetep saya baca tiap liburan. Saking kompleksnya dan penuh intrik sampe ga kebayang gimana level imajinasinya JKR menciptakan sesuatu yg original dan skrg udah berasa jd legend >_<

    Tp tetep sih kalo saya pribadi lbh menarik PJ. Haha xD *penggemar cerita yg cliff hanger gtu kali ya saya? :p*

    ReplyDelete
  8. Waw! Bagus banget reviewnya!
    Kalo buat ane percy jackson bagus untuk semua umur (novel nya yaa ,kalo filmnya ada konten dewasanya),klo HP novelnya kayaknya untuk remaja soalnya dulu aku pernah mau beli novel HP terus ga dibolehin...(ade2 yang aku wawancara)
    HP filmnya kejem banyak yg mati huhu... "=_=
    PJ sebaliknya tapi tyson temennya ada yg sempet mati karena tenggelem
    tapi setelah beberapa hari datang kembali karena tahan air (yg dicurigai keluarga posiedon)(percy jackson yg ke 2)
    #kakseto mode on hahaha :-D
    Aku penggemar PJ

    ReplyDelete
  9. Percy jackson dong,soalnya bikin penasaran,aku aja baca novel percy yg mark of athena cuma bbrpa jam,pdhl tebel bgt *trgantung selera juga sih

    ReplyDelete
  10. Percy jackson dong,soalnya bikin penasaran,aku aja baca novel percy yg mark of athena cuma bbrpa jam,pdhl tebel bgt *trgantung selera juga sih

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Sudah baca kedua nya sih (Harry Potter dan Percy Jackson)...Percy Jackson is really good book..but still, buat aku Harry Potter series tetep the best books ever, posisi kedua The Lord of The Rings books, yg ketiga mungkin antara Percy Jackson atau Hunger Games,,.but still, nice post bro..

    ReplyDelete