Sunday, November 15, 2009

GENIA FESTIVAL : TEKNOLOGI GRAFIS KOMPUTER

Tadi pagi saya abis Final Test Proclub (Programming Club). Saya jadi keinget klo di slide contoh format presentasinya disuruh nyari tau tentang XNA, OpenGL, dan DirectX. Dan saya browsing² ternyata itu salah tiga teknik grafis komputer.

Dan akhirnya saya menemukan itu di wikipedia yang saya translate pake google :p

COMPUTER GRAPHICS TECHNOLOGY

OpenGL

OpenGL adalah singkatan untuk Open Graphics Library;
ini dikembangkan oleh Silicon Graphics pada tahun 1992;
yang sekarang versi 3.0 dan dirilis pada 11 Agustus 2008
adalah sebuah spesifikasi untuk cross-platform API (Application Programmable Interface);
itu menggambarkan seperangkat fungsi, input dan output mereka, dan hasil perilaku;
itu digunakan untuk 2D atau 3D grafis;

Di antara tujuannya kita dapat mencatat:
sembunyikan rincian hardware interfacing;
menyediakan antarmuka programmable terpadu;
itu menyediakan deskripsi adegan paradigma prosedural, yang berarti bahwa programmer harus menjelaskan semua langkah yang diperlukan untuk membuat sebuah adegan - dengan demikian menjadi perpustakaan tingkat rendah;
manufaktur hardware desain hardware untuk memenuhi persyaratan fitur, perangkat lunak Sementara pelaksana mengembangkan perpustakaan yang memenuhi standar fungsi;
itu hanya berfokus pada rendering, dan tidak pada windowing, keyboard / mouse input, atau jaringan isu-isu yang terkait;
akibat sejumlah utilitas perpustakaan telah dibangun di atasnya:
Glu (OpenGL Utility Library): menyediakan tingkat yang lebih tinggi gambar rutinitas daripada OpenGL
GLUT (OpenGL Utility Toolkit): utilitas yang terutama sistem melakukan Tingkat I / O dengan host komputer (jendela definisi, jendela kontrol, monitoring input keyboard dan mouse, dukungan terbatas untuk membuat pop-up menu, dll)
GLUI (OpenGL User Interface Library): didasarkan pada GLUT memberikan kontrol seperti tombol, kotak centang, radio button, dan pemintal ke OpenGL aplikasi. Ini adalah platform independent
SDL (SDL): menyajikan antarmuka sederhana untuk berbagai platform 'grafik, suara, dan perangkat input. Ini adalah platform independent
dll


DirectX

DirectX:
diciptakan oleh Microsoft dan pertama kali dirilis pada tahun 1995
versi yang sekarang adalah 11 dan dirilis pada 4 Februari 2009 (ditambah dukungan multi-threading, dukungan GPGPU dan dukungan tessellation)
dijalankan hanya pada platform Microsoft (Windows dan Xbox)
adalah kumpulan API yang berbeda, masing-masing berfokus pada tugas tertentu
digunakan terutama dalam pengembangan permainan, tetapi juga untuk CAD (Computer Aided Design)
bukan spesifikasi standar, tapi perangkat lunak sumber tertutup
terdiri dari:
RT - runtime - diperlukan untuk menjalankan aplikasi yang menggunakan DirectX (biasanya dibundel dengan instalasi aplikasi kit, tetapi juga kapal-kapal dengan sistem operasi)
SDK - software development kit - yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi yang menggunakan DirectX
seperti OpenGL pengembang menggambarkan adegan untuk setiap langkah - segera modus
awalnya itu termasuk sebuah implementasi dari grafik adegan paradigma - dipertahankan siaga;
sub-API adalah:
DirectDraw - digunakan untuk 2D grafis;
Direct3D - digunakan untuk grafis 3D;
XInput (mantan DirectInput dalam versi <10)>
DirectPlay - digunakan untuk jaringan / multi-play tugas-tugas yang terkait (di versi 10, dplay.dll dihapus dan menggantikannya dengan dplayx.dll);
XACT (mantan DirectSound dalam versi <10)>
DirectShow - dipindahkan sejak 2005 namun masih ada kompatibilitas mundur


Jawa 2D / Java 3D

Java 2D / Java 3D:
Java 2D adalah sebuah API untuk menggambar bentuk 2D
Java 3D adalah API untuk menggambar objek 3D
Java 3D berjalan di atas baik OpenGL atau DirectX
lebih dari satu bungkus dengan menggunakan konsep OOP nyata
Java adegan grafik 3D menggunakan paradigma, tetapi juga langsung modus


JOGL - Java OpenGL

versi terbaru adalah 1.1.1 dan dibebaskan 22 Mei 2008
adalah wrapper untuk OpenGL, mencerminkan semua fungsi GL, dengan demikian mempertahankan perasaan API yang sama
sebagai OpenGL itu tidak termasuk panggilan terkait jendela dan tidak ada utilitas perpustakaan untuk tugas ini. Jadi hal itu bergantung sebuah perpustakaan khusus Jawa (AWT, SWING) untuk membuat aplikasi berbasis GUI
delegasi panggilan ke OpenGL menggunakan JNI (Java Native Call)
sejak versi 1.1.0 ini memberikan akses penuh ke fitur GL 2,0
OpenGL konversi antara kode yang ditulis dalam C, dan OpenGL kode yang ditulis di Jawa sangat mudah, karena pemetaan langsung (penamaan) fungsi GL
Sejak Java SE 6, Java 2D dan Java OpenGL telah menjadi antar-beroperasi - memungkinkan pengembang untuk kode campuran


XNA

diciptakan oleh Microsoft dan pertama kali dirilis pada tahun 2004
versi terbaru adalah 3.0 dirilis pada 30 Oktober 2008
didasarkan pada. Net Framework;
terdiri dari satu set alat dengan yang dikelola lingkungan runtime yang memfasilitasi permainan komputer
akan mencoba untuk menghapus kode boilerplate;
akan mencoba untuk mengijinkan pengembang untuk fokus pada konten permainan dan pengalaman;
itu dapat digunakan dari manapun. NET language (seperti C #);


X3D (mantan VRML)

pertama kali muncul pada tahun 1994 sebagai VRML (Virtual Reality Modeling Language). VRML97 dating kembali dari tahun 1997 adalah versi terakhir itu. Ini merupakan standar format file untuk mewakili 3-dimensi vektor grafis interaktif dirancang untuk digunakan pada Internet (WWW)
itu adalah rekayasa ulang sebagai spesifikasi abstrak X3D yang disetujui pada tahun 2004. ClassicVRML encoding XML dan disetujui pada tahun 2005
versi saat ini X3D adalah 3,2
memiliki sintaks berbasis XML


No comments:

Post a Comment