Wednesday, April 21, 2010

MANUSIA GA PERNAH PUAS


Diatas langit masih ada langit.

Kata² itu sudah sangat tidak asing lagi.
Hal itulah yang sering saya rasakan.

Seperti ketika saya dapet nilai jelek, katakanlah nilai saya 40.
Saya seringkali mengeluhkan hal itu. Entah itu mengeluhkan tentang "Mengapa saya tidak belajar? Padahal sebenernya gampang", "Mengapa saya begitu tidak bisa berpikir apa² saat ujian?", "Mengapa saya belajar dengan kebut semalam?", "Mengapa saya begadang sehingga membuat kondisi tidak baik?", semua hal ada aja yang dikeluhkan.

Ketika saya dapat nilai yang sedang saja, sesuai rata², katakanlah 64.
Saya seringkali mengeluhkan hal itu juga. Seperti "Mengapa saya begitu teledor?", "Mengapa saya cuma dapet segini? Padahal udah bisa ngerjain semua", "Yahhh kok segini? padahal target perkiraan bisa diatas 80.."dan mengapa lainnya pun keluar.

Dan ketika saya dapat nilai bagus, sangat jauh diatas rata², katakanlah 92.
Itu pun saya keluhkan. Seperti, "Ah apa sih? cuma salah disitu doang jadi salah kebawahnya? maunya apa? padahal bisa dapet full kalo itu ga salah tanda!", "Ih gimana sih? cuma salah nulis disini aja disalahin", "92? kagok banget! Kesel deh!" Semua keluhan pun terlontar.


Manusia memang tidak pernah puas dengan apa yang diterimanya.

Astaghfirullah.
Begitu kurang bersyukurnya saya.

Dapet jelek, kesel, padahal itu karena kesalahan sendiri.
Dapet standar, kesel juga, padahal itu masih alhamdulillah daripada yang dapet dibawah rata².
Dapet bagus, masih aja kesel, padahal itu udah sangat alhamdulillah bisa dapet segitu. Dan banyak sekali yang berada di bawah saya.

Sekarang saya udah sadar. Semua yang kita dapatkan, mau itu bagus ato jelek. Semua harus disyukuri.
Jangan dilihat lagi kebelakang. Lihatlah kedepan. Perbaiki semua kesalahanmu.
Dengan begitu kamu bisa mengalahkan yang lain apabila mau berusaha untuk memperbaikinya.
Ada sebuah kata² yang saya sukai.


Sukses adalah menjalani satu kegagalan ke kegagalan lain tanpa pernah kehilangan antusiasme.
(Winston Churchilll, mantan perdana menteri Inggris, 1874-1965)

So, meskipun kita sempet gagal, jangan sampai kita kehilangan antusiasme. Berjuanglah terus untuk mencapainya!

2 comments:

  1. iya ya git kenapa ngeluh terus ga pernah puas! maunya dapet sempurna tai usaha aja ga seberapa. ayo semangaat!. on fire nih git hahaha

    ReplyDelete
  2. wah suka lah baca post yg ini :D

    ReplyDelete